Hal-hal Utama dalam Menjalin Cinta

Semua orang
pasti mendambakan cintanya
berseri sepanjang masa.

Tapi kehangatan api cinta ini bisa padam, keindahan pesona cinta bisa memudar dan hilang. Karena itulah diperlukan pemahaman dan usaha untuk menyalakan dan mempertahankan keindahan cinta. Apa saja, sih, hal-hal utama dalam menjalin cinta tersebut ?

  • KASIH SAYANG adalah esensi dari cinta yang murni. Idealnya, kita harus seimbang dalam memberi dan menerima kasih sayang. Belajarlah untuk menyayangi pasangan seperti kita menyayangi diri sendiri. Nyatakanlah kasih sayang dengan perhatian, pengertian, kata-kata yang manis, bahkan makanan atau minuman kesukaannya. Jangan sedih dan kecewa jika ia ternyata belum bisa menunjukkan cintanya. Jangan berhenti menyayanginya, karena cepat atau lambat ia pasti akan merespon kasih sayang yang kita berikan dengan tulus.

  • KEPERCAYAAN adalah ungkapan cinta yang mendalam. Rasa saling percaya adalah iklim ideal untuk menumbuhkan benih-benih cinta. Sebaliknya, kurangnya rasa percaya merupakan hama yang bisa merusak bunga-bunga cinta dengan kesalahpahaman, kecemburuan, dan kekhawatiran. Tambahkan terus kepercayaan padanya, dan berusahalah agar kepercayaannya pada kita juga semakin bulat.

  • KETULUSAN cinta keluar dari hati nurani yang bersih. Hubungan cinta yang tulus akan ditandai dengan keterusterangan, keterbukaan, dan kejujuran. Nggak ada yang ditutup-tutupi, nggak ada kepura-puraan, nggak ada rekayasa, dan nggak ada maksud-maksud terselubung. Cinta yang terjalin tanpa ketulusan adalah cinta yang rapuh.

  • PERSAHABATAN adalah kebutuhan mutlak dalam sebuah jalinan cinta. Cinta bukanlah cinta bila tanpa persahabatan. Sebagai sahabat yang baik, kita bisa jadi teman bicara, bercanda, bermain, diskusi. Pokoknya, teman kala suka dan duka. Sebagai sahabat, kita nggak akan menggurui, mengatur, mengekang, dan membuatnya merasa takut. Berusahalah untuk menjadi sahabat yang baik dan menyenangkan agar dia merasa lebih nyaman dan bahagia.

  • Lemari Cinta - Hal-hal Utama dalam Menjalin Cinta
  • KOMUNIKASI adalah jembatan yang bisa menyatukan dua hati dan dua pikiran. Komunikasi yang baik harus bersifat dua arah, nggak ada pihak yang terlalu banyak bicara dan nggak ada yang terlalu banyak diam. Komunikasi yang baik tidak hanya sekadar bicara, tapi juga mendengar dengan telinga dan hati. Komunikasi yang terbuka akan membuat hubungan lebih akrab, mencegah kesalahpahaman, dan memudahkan penyelesaian konflik. Tanpa komunikasi yang baik, sulit untuk mempertahankan keindahan jalinan cinta. Jadi, peliharalah jalur komunikasi agar selalu lancar tanpa pernah tersumbat.

  • KESETIAAN mencerminkan kekuatan karakter. Mudah sekali mengucapkan janji setia, tapi sulit untuk menjalaninya karena banyak godaan yang bisa menggoyahkan kesetiaan. Ingat, dalam keadaan apa pun, kesetiaan harus dijaga karena nggak mungkin mempertahankan keindahan cinta tanpa kesetiaan. Wajar kalau kita mengagumi dan menyukai orang lain, tapi kesetiaan akan mencegah kita mengkhianati pasangan dengan cara apa pun. Kesetiaan juga akan diuji oleh situasi dan kondisi yang buruk. Kesetiaan akan memilih untuk tetap mencintai pasangan saat suka maupun duka.

  • RASA HORMAT adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kasih sayang. Kalau kita saling menyayangi, otomatis kita pun akan saling menghormati. Rasa hormat akan memagari keakraban dan keintimanmu agar tidak melanggar hak pribadi yang masih dimiliki sepasang kekasih. Rasa hormat akan membuat kita menghargai privasinya, pendapatnya, keyakinannya, dan dirinya sebagai individu yang penting. Kalau kita menghormatinya, berarti kita akan menjaga kehormatan dan harga dirinya.


Ajen Dianawati

0 Comments:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14:

Post a Comment

newer post older post