Pacaran Itu Apa Sih ?

Jika dirunut dari orang satu
ke orang lainnya,
definisi pacaran sangat beragam.

Yah ... kadang bagi seseorang suatu tindakan sudah dianggap pacaran, namun belum tentu bagi orang lain. Tidak dapat dipungkiri, ini menyangkut masalah yang tidak semua bisa dilihat. Misalnya rasa cinta, bisa saja dua orang (cowok dan cewek) bertemu, kenalan, terus jalan bareng, gandengan tangan sambil mendalami karakter masing-masing. Bagi si cewek, ini sudah dianggap pacaran, tapi belum tentu bagi si cowok, demikian juga sebaliknya. Inilah yang kadang menjadikan tolak ukur pacaran kurang jelas dan menimbulkan konflik antara dua atau lebih anak manusia.

Lemari Cinta - Pacaran Itu Apa Sih ?Mungkin kamu juga pernah menanyakan pada anak usia TK atau SD, "Siapa sih pacar kamu ?" Dan dia menjawab, "Derby Romero." Dan di hari berikutnya saat dia menggemari lagu "Status Palsu", dia akan mengatakan pacarnya adalah Vidi Aldiano. Hari berikutnya lagi mungkin dia akan mengatakan, pacarnya adalah Agus, tapi bukan Agus yang iklan pulsa itu (baca: Agus Ringgo), melainkan teman sekelasnya yang sedang menjadi hot news sebagai siswa teladan. Kalau diperhatikan, kita tahu bahwa bagi anak yang masih imut-imut itu, biasanya pacar diartikan sebagai orang (lain jenis dan biasanya bukan anggota keluarga) yang sedang disukai atau yang sering menemani aktivitasnya. Jadi teman yang sering nemenin main ayunan bareng, bersepeda bareng dan bareng-bareng lainnya bisa saja dianggap pacar. Kalau bagi anak SD, selain yang biasanya bareng-bareng itu, biasanya ditambah dengan adegan saling melirik, saling senyum dan saling-saling yang semacamnya.

Beda lagi dengan anak SMP. Untuk anak usia ini, biasanya yang disebut pacaran adalah saling berbagi, saling curhat, surat-suratan, saling memberi makanan dan lain-lain. Dan semakin tambah usia, biasanya pengertian pacaran bertambah ke arah yang lebih kompleks lagi. Mungkin bagi anak SMU, pacaran adalah sayang-sayangan, mencoba saling mengenal, saling berbagi rasa dan belajar untuk setia (meskipun banyak juga yang jadi player). Tapi ada juga yang menganggap pacaran sekedar iseng, senang-senang, biar ada teman pas berangkat atau pulang sekolah, dan sebagainya.

Nah, bagi mahasiswa ke atas yang sudah berfikir untuk nikah, pacaran adalah masa penjajakan untuk menentukan masa depan rumah tangga, masa penilaian kecocokan dengan pasangan. So, definisi pacaran relatif banget kan ... Tapi meskipun begitu, di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dinyatakan bahwa :

"Pacaran adalah bercintaan atau berkasih-kasihan (antara lain dengan saling bertemu di suatu tempat pada waktu yang telah ditetapkan bersama) dengan kekasih atau teman yang lain jenis yang tetap (yang hubungannya berdasarkan cinta kasih)."

Duh ... definisinya kok mbulet (rumit) gitu ya ... Dong nggak sih ?! Oke, ringkasnya pacaran adalah percintaan dengan kekasih tetap.

Di buku Marriage and Family Development karya Duval dan Miller (1985), disebutkan arti pacaran adalah hubungan antara cowok dan cewek yang diwarnai keintiman. Keduanya terlibat dalam perasaan cinta dan saling mengakui pasangan sebagai pacar. Jadi, pacaran bukan sekadar permainan iseng, tapi sudah melangkah ke tahap yang lebih dalam mengenal pasangan. So, bagaimana dengan kamu sendiri ? Apa arti pacaran menurut kata hati kamu yang paling dalam ?


Nayla Fairuzzahra

0 Comments:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14:

Post a Comment

newer post older post