Jatuh Cinta

The greatest thing
You
ll ever learn is
just to love and be
loved in return
...
(moulin rouge !)

Perasaan cinta, seperti apapun bentuknya, memang bikin suasana jadi menyenangkan dan menenangkan. Nggak heran, saat kita jatuh cinta, emosi kita juga jadi lebih sensitif, rileks dan romantis. Nah, kalau ngomongin cinta, artinya bisa luas banget nih. Soalnya, yang namanya hidup pasti akan dipenuhi dan dikelilingi sama perasaan yang satu ini. Sejak kita masih di dalam kandungan mama pun, kita sudah ‘diberi’ cinta sama orangtua dan keluarga. Terus ketika mulai bersosialisasi, kita juga punya cinta buat teman dan sahabat. Buat melakukan sesuatu kegiatan, kita pun perlu cinta! Kalau nggak, wah ... pasti bakal datar banget deh rasanya. Nah, jelas banget kan, perasaan cinta itu selalu ada dalam diri kita. Makanya setiap saat kita bisa jatuh cinta ...

Kita perlu cinta

Alysaa : “Wow, Rendy jago banget ya main gitarnya. Sudah gitu, dia baik dan perhatian banget sama teman. Duh ... gue makin jatuh cinta, deh, sama dia !”

Jatuh cinta. Hmm ... kalau menyebut dua kata itu, pasti kita bakal langsung terpikir soal perasaan suka sama seorang cowok. Iya, kan ? Ini perasaan yang alami banget. Meski sangat abstrak karena hanya bisa dirasakan dan sulit banget diungkapin lewat kata-kata, hampir semua orang pernah mengalami jatuh cinta. Tapi nggak ada satu teori pun yang bisa menjelaskan dengan pasti bagaimana tanda-tanda orang yang lagi jatuh cinta. Yang jelas sih, apapun yang dilakukan dengan ... CINTA, pasti bikin kita dan orang-orang di sekitar jadi happy banget !

Begitu juga sebaliknya. Siapa sih yang nggak senang kalau dicintai ? Menurut Prof. Arthur Aron dari State University of New York, ini juga yang jadi salah satu alasan kenapa kita bisa tertarik dan jatuh cinta sama seseorang. Alasan lainnya, karena kita selalu perlu berbagi dengan orang lain, makanya kita pun pengen mencintai orang lain.

Tertarik, suka atau jatuh cinta sama lawan jenis, sudah jadi sifat alamiah manusia yang ada sejak lahir. Tapi perasaan ini bakal lebih jelas kita rasain sejak kita memasuki masa pubertas. Memang sih, perasaan jatuh cinta nggak akan datang begitu saja. Awalnya pasti ada ketertarikan dulu. Nggak melulu soal fisik, loh. Misalnya saja nih, gara-gara lihat kakak kelas yang jago main basket atau mainin alat musik, kamu jadi tertarik dan ingin kenal lebih dekat sama dia karena keahliannya itu. Hmm ... pasti deh ada sesuatu yang bikin kita kagum atau ada kesamaan selera dan minat, sampai akhirnya bisa ada rasa ...

Cinta atau ...

Renata : “Dhio itu asyik banget ! Kita berdua punya banyak kesamaan dan makin dekat, nih. Gue jadi sayang sama Dhio. Tapi ... kok gue jadi agak bingung sama perasaan gue sendiri ya. Ini cinta atau cuma suka, sih ?”

Wah, memang agak rumit untuk ngebedain yang mana perasaan suka, sekadar kagum atau sudah jatuh cinta. Semuanya cuma diri kita sendiri yang ngerti. Yang perlu diingat, jangan sampai kita dengan mudah menganggap sudah jatuh cinta sama seseorang, apalagi buru-buru berani bilang ‘I love you’. Mendingan yakinin dulu deh perasaan kita itu. Jatuh cinta memang bisa berasal dari kekaguman. Tapi kagum sama kelebihan seseorang bukan berarti jatuh cinta, kan ?

Punya perasaan suka sama seorang cowok karena tampangnya yang keren banget, juga belum tentu bisa dibilang jatuh cinta. Biasanya, semakin kita kenal lebih dekat dan akrab sama seseorang, kita makin bisa ngeyakinin diri sendiri tentang perasaan kita. Kita nggak akan pernah tahu apakah kita jatuh cinta atau cuma suka saja sama seorang cowok, kalau nggak benar-benar mengenalnya.

Makanya, berteman bisa jadi cara paling tepat buat mengenal si dia dan mastiin kita cuma suka atau jatuh cinta beneran. Yakin deh, kalau kita sudah bisa mastiin perasaan kita sendiri, pasti ungkapan cinta kita bakal lebih berarti buat dia dan buat diri kita sendiri juga.

Sebaliknya, kalau sampai saat ini kamu belum ngerasain yang namanya naksir cowok, apalagi jatuh cinta, nggak usah kuatir juga. Semua ada waktunya, kok. Bukan berarti kalau semua teman-teman kamu punya pacar, terus kamu harus maksa punya pacar juga. Cinta kan nggak bisa dipaksain. Mungkin memang belum ada orang yang pas yang bisa ‘ngerebut’ hati kamu, atau kamu masih pengen senang-senang sendiri tanpa perlu kehadiran cowok di samping kamu. Semuanya wajar saja dan nggak perlu bikin kamu merasa aneh sendiri. Justru ketika saat yang ditunggu itu tiba, rasa happy kamu bakal lebih sempurna ... percaya, deh ! So, nggak mesti buru-buru jatuh cinta, kan ?

Ungkapin, saja !

Lutfi : “Sudah lama aku ngerasa suka sama Gandhi, tapi baru sekarang aku bisa nunjukin perhatian lebih ke dia. Senang banget deh, ternyata dia juga punya perasaan yang sama ...”

Perasaan cinta memang nggak seharusnya dipendam saja. Wajar sih kalau ada rasa sungkan atau malu untuk ngungkapin cinta atau perasaan suka sama seorang cowok. Tapi menyimpan perasaan justru bisa berpengaruh jelek buat diri kita sendiri. Bayangin saja, nyembunyiin perasaan berarti kan sama saja dengan berpura-pura. Ini pasti bakal berpengaruh sama sikap kita. Karena pura-pura dan berusaha menutupi sesuatu secara terus-terusan, sikap kita bisa-bisa jadi aneh. Mungkin awalnya kita nggak mudah menyadari perubahan ini. Tapi ... nggak mau kan dinilai aneh atau berubah sama teman-teman gara-gara nyembunyiin perasaan suka atau cinta ke cowok ?

Daripada jadi korban sendiri, mendingan belajar terus terang saja. Ngungkapin perasaan nggak mesti lewat ucapan yang frontal alias langsung, kok. Bukan berarti harus agresif juga. Nanti malah terkesan kecentilan. Uh, cowok kan paling nggak suka lihat cewek yang kecentilan !

“Banyak cara buat mengawali atau mengungkapkan perasaan. Intinya, harus bertindak kalau ingin dapat hubungan yang lebih baik atau lebih akrab. Tidak masalah, cewek atau cowok yang lebih dulu mengajak kenalan atau beri perhatian yang lebih dulu. Yang penting, tunjukkan perasaan kita dengan cara yang tepat supaya kita bisa tahu bagaimana responnya,” begitu pendapat psikolog Raymond Tambunan, Psi dalam tulisannya di www.e-psikologi.net.

Bisa nyakitin juga ...

Rere : “Gue akhirnya harusputussama Andra. Terlalu banyak yang beda dari kita. Sedih banget ...”

Ini pentingnya pengenalan dulu sebelum benar-benar jatuh cinta atau sampai ‘jadian’ segala. Cinta bisa nyakitin juga, loh. Gimana, nggak ? Gara-gara ngikutin emosi, kita bisa asal ngungkapin perasaan ke cowok yang kita suka. Padahal ternyata belum tentu dia punya perasaan yang sama. Apalagi kalau sudah sampai ‘jadian’, kita bakal dituntut untuk lebih toleransi dengan perbedaan-perbedaan sifat atau pendapat. Nah, ini yang nggak gampang. Kalau semuanya nggak berjalan dengan baik sesuai sama keinginan kita sendiri, pasti bakal bikin kecewa dan akhirnya nyakitin perasaan diri sendiri kan ?

Nggak ada dua orang yang punya karakter dan sifat yang persis sama. Walaupun ada beberapa kesamaan dalam satu sisi, pasti ada saja perbedaan di sisi lain. Bukan berarti kita harus jadi sangat perfeksionis dan cari cowok yang benar-benar punya karakter yang sama banget dengan kita, atau justru malah jadi takut jatuh cinta. Kita cuma butuh penyesuaian saja, kok.

Kalau kita benar-benar mengenal, sifat, karakter dan kebiasaannya lebih dulu, kita bakal bisa lebih pengertian dan tahu banget apakah dia memang baik buat kita atau nggak. Intinya sih, asal bisa saling bertoleransi dan jadi pengertian buat sifat dan pribadi masing-masing, entah itu hubungan sama cowok, teman atau keluarga, pasti semuanya bisa berjalan dengan baik. Cinta itu menyenangkan, kok ! Katanya sih, lebih baik jatuh cinta lalu sakit hati, daripada nggak pernah jatuh cinta sama sekali .... So, let go and let love lead the way ...


Wilas Ary

0 Comments:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14:

Post a Comment

newer post older post