Biar Tetap Awet !

A friend is a gift that you give to yourself
(unknown)

Punya sahabat yang sehati dan sejalan, wah ... siapa yang nggak mau ? Nah, kalau sudah punya yang se’klop’ itu, biar tetap langgeng dan nggak putus di tengah jalan, ada 10 tips yang penting buat kita tahu !

#1 : Terima Apa Adanya

Yang namanya sahabatan memang harus bisa nerima sahabatnya apa adanya. Nggak masalah punya sifat atau selera musik yang beda. Yang penting kita bisa saling ngertiin perbedaan masing-masing. Jangan lupa buat nerima dia apa adanya. Sahabatan kan bukan berarti harus serba sama. Justru yang beda itulah yang bikin persahabatan kita jadi makin seru.

#2 : Posesif, No Way !

Karena merasa sudah lama bersahabat, kita jadi merasa memiliki dia sepenuhnya. Giliran dia main sama orang lain, kita langsung cemburu dan posesif. Duh, jangan sampai segitunya juga, deh. Merasa memiliki sih boleh, tapi kalau sampai mengikat dari pergaulan sosial, wah ... nggak asyik banget. Bergaul sama orang lain tetap penting. Masa setiap saat mau berduaan sama sahabat melulu ? Jadi nggak ada salahnya kok buat berteman sama yang lain juga. Seru kan kalau kita juga bisa berteman sama teman-temannya sahabat kita.

#3 : Terbuka Saja !

Terbuka bukan berarti semuanya mesti diceritain. Tapi lebih ke saling terbuka buat mengungkapkan apa yang ada di hati dan pikiran kita masing-masing. Jangan takut buat saling menegur atau mengkritik selagi itu memang baik dan demi kepentingan bersama. Pasti awalnya ada rasa nggak enak, tapi itu jauh lebih baik kan daripada ngomel-ngomel di belakang. Pokoknya, terus terang saja, deh. Percaya kalau yang namanya sahabat itu selalu punya cara terbaik untuk menyampaikan isi hatinya.

#4 : Attention, Please ...

Perhatikan hal-hal kecil tentang sahabatmu. Mulai dari tanggal ultah, makanan kesukaan, sampai warna dan seleb favoritnya. Kamu juga mesti apa saja yang nggak dia sukai. Boleh juga sesekali kasi kejutan hadiah-hadiah simpel. Kalau perlu, bikin deh friendship day versi sendiri sambil tukar-tukaran kado, pasti seru !

#5 : Jaga Privasi

Ngomongin rahasia ke sahabat sih oke saja, asal kita ingat privasi masing-masing. Nggak selamanya semua rahasia harus kita ceritain ke sahabat dan kita juga nggak boleh menuntut dia buat menceritakan rahasianya. Nggak semua orang suka, loh, urusan pribadinya diutak-atik. Berusaha untuk menghargai privasi masing-masing kayaknya malah bisa bikin kita jadi merasa nyaman satu sama lain.

#6 : Saling Jaga Rahasia

Lemari Cinta - Biar Tetap Awet !Saling jaga rahasia itu penting banget dalam persahabatan. Namanya juga rahasia, jadi cukup kita dan sahabat kita saja dong yang tahu. Jangan pernah deh sekali-kali ngebocorin rahasia sahabat kita ke orang lain kalau nggak pengen hubungan jadi hancur. Selain kehilangan kepercayaan, kita juga bakal dicap ‘bocor’ gara-gara nggak bisa jaga rahasia. Uh, rugi banget !

#7 : Jaga Lidah dan Perasaan

Ini nih yang kadang susah buat dijaga. Niatnya bercanda, tapi karena nggak bisa jaga lidah jadinya malah melukai hati sahabat. Bercanda sih boleh, tapi jangan lupa lihat sikon juga, dong. Sedekat-dekatnya kita sama dia, kalau kondisinya lagi nggak pas, bukannya fun malah jadi ribut. Makanya, pintar-pintar deh baca situasi. Jangan pernah juga ngebandingin dia sama teman lain, karena itu sama saja dengan nggak menghargai dia.

#8 : Jauhi Perdebatan

Yang namanya konflik nggak pernah ada untungnya. Bukannya tambah pintar, malah cari ribut. Lagian, ngapain juga berdebat ngomongin sesuatu yang nggak ada hubungannya sama kita ? Mendingan ngerumpiin sesuatu yang bisa bikin ketawa. Kalau sampai mengarah ke perdebatan, mendingan buru-buru ganti topik pembicaraan. Dan jangan lupa minta maaf kalau memang kita yang salah.

#9 : Jadi Pendengar yang Baik

Sahabat yang baik selalu punya telinga yang siap untuk mendengarkan semua keluh kesah sahabatnya. Nggak perlu dengan kalimat panjang lebar. Cukup dengan menjadi pendengar yang baik dan berempati sama apa yang dia rasain, kita sudah membantu dia menyelesaikan masalahnya dan meringankan sedikit bebannya. Tapi ingat, seorang sobat yang baik tetap punya telunjuk buat kasi tahu jika memang sahabatnya salah. Jadi nggak cuma sekadar pasang kuping saja.

#10 : Jangan Main Api

Maksudnya, jangan pernah sekalipun coba-coba buat naksir sama pacar sobat kita sendiri. Akrab sih boleh, tapi tetap harus ada batasnya. Jangan sampai saking akrabnya kita sama tuh cowok, muncul rasa suka. Kalaupun sampai perasaan itu muncul di hati kita, nggak ada pilihan lain, kita memang harus bisa menghancurkan perasaan itu demi sobat kita.


Imel

0 Comments:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14:

Post a Comment

newer post older post